Thursday, December 29, 2016

Memahami Definisi atau Pengertian Pasar Modal secara Mudah

Pasar modal nampaknya menjadi sebuah istilah yang sering kita dengar. Akan tetapi tidak banyak dari kita mengetahui apa yang dimaksud dengan pasar modal. Untuk itu pada pembahasan berikut saya akan mengupas tentang apa itu pasar modal dengan analogi yang sederhana dan mudah dipahami untuk semua kalangan.
Pengertian Pasar Modal

Pada dasarnya pasar modal mirip dengan pasar-pasar lain. Untuk setiap pembeli yang berhasil selalu harus ada penjual yang berhasil. Jika orang yang  ingin membeli jumlahnya lebih banyak daripada yang ingin menjual, maka harga akan menjadi tinggi. Bila tidak ada seorang pun yang membeli dan banyak yang menjual maka harga akan jatuh.

Yang membedakan dengan pasar-pasar lain adalah komoditi yang diperdagangkan. Pasar modal dapat dikatakan pasar abstrak, dimana yang diperjualbelikan adalah dana-dana jangka panjang, yaitu dana yang keterkaitannya dalam investasi lebih dari satu tahun.

Ilustrasi Pasar Modal

Untuk lebih jelasnya mungkin ilustrasi berikut bisa membantu.Esensi aturan maindi bursa sekuritas tidak banyak berbeda dengan pasar kambing. Perbedaan yang mencolok adalah bahwa transaksi di pasar kambing merupakan transaksi seketika (spot). Sedangkan transaksi di bursa menyangkut pembayaran di hari kemudian (future). Di pasar kambing bertemu peternak kambing dengan wakil konsumen daging (seperti tukang sate dan tukang sop kaki kambing). Sedangkan di pasar modal, bertemu para pialang atau broker yang menjadi perantara antara penabung di pasar  modal investor dengan pengusaha yang memerlukan modal - emiten. Pembeli kambing dapat memperoleh informasi langsung tentang apa yang akan dibelinya dengan melihat, meraba, dan mencium kambing yang ditawarkan di pasar. Sedangkan, informasi tentang perusahaan di pasar modal hanya dapat dibaca dari prospektus (Anwar Nasution, 1990).

Pengertian Pasar Modal

Dengan demikian dapatlah didefinisikan bahwa pasar modal adalah tempat untuk mentransaksikan modal jangka panjang (Fabozi & Modigliani, 2003:10), dimana permintaan diwakili oleh perusahaan penerbit surat berharga dan penawaran diwakili oleh para investor. Meskipun demikian kata tempat disini tidak mewakili lokasi sebagaimana layaknya pasar konvensional. Sebab, transaksi tidak selalu dilakukan dilokasi tertentu yang permanen. Bahkan dengan perkembangan e-business, transaksi di pasar modal juga bisa dilakukan di dunia maya melalui internet trading. Demikian pula yang dimaksud modal disini bukan dalam artian fisik uang, melainkan  uang yang sudah direpresentasikan dalam bentuk surat berharga yaitu saham dan obligasi serta turunannya.

Pasar modal memiliki peranan penting dalam kegiatan ekonomi. Di banyak negara, terutama negara-negara yang menganut sistem ekonomi pasar, pasar modal telah menjadi salah satu sumber kemajuan ekonomi. Sebab pasar modal dapat menjadi sumber dana alternatif bagi perusahaan-perusahaan. Padahal perusahaan-perusahaan ini merupakan salah satu agen produksi, yang secara nasional akan membentuk Gross Domestic Product (GDP). Jadi dengan berkembangnya pasar modal, akan menunjang peningkatan GDP. Atau dengan kata lain, perkembangan pasar modal akan mendorong pula kemajuan ekonomi suatu negara.

Artikel Terkait

Memahami Definisi atau Pengertian Pasar Modal secara Mudah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas. Terimakasih :)